Adab Makan dan Minum dalam Islam


بسم الله الرحمن الرحيم

                Segala puji bagI Allah ta’ala, Yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagi manusia dan langit sebagai atap, Yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezeki untuk manusia. Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad shalallahu alaihi wa salam, keluarganya, sahabat serta seluruh pengikutnya yang setia hingga akhir zaman. 

                Dengan memohon taufiq Allah ta’ala, berikut ini akan kami sampaikan beberapa adab atau tatacara makan dan minum yang diajarkan oleh Rasulullah shalallahu alaihi wa salam. Dengan harapan kita bisa mengamalkannya manakala kita hendak makan atau minum.

1.        Membaca Basmalah Ketika hendak Makan
Dalam sebuah hadits shahih yang diriwayatkan dari Ummu Mukminin Aisyah Radhiallahu anhaa, Rasulullah shalallahu alaihi wa salam pernah bersabda:
إذا أكل أحدكم طعما فليقل بسم الله
Jika kalian hendak makan, maka ucapkanlah Bismillah (Shahih, HR Abu Daud no 3767, Tirmidzi no 1858).
Dan jika lupa membaca Bismillah diawal waktu, maka ucapkanlah doa
بسم اللهِ أوَّلَهُ وَآخِرَهُ
Lafadz doa ini terdapat dalam sebuah hadits dari Aiysah Radhiallahu anhaa. Rasulullah shalallahu alaihi wa salam bersabda:
إِذَا أكَلَ أحَدُكُمْ فَلْيَذْكُرِ اسْمَ اللهِ تَعَالَى، فإنْ نَسِيَ أنْ يَذْكُرَ اسْمَ اللهِ تَعَالَى في أوَّلِهِ، فَلْيَقُلْ: بسم اللهِ أوَّلَهُ وَآخِرَهُ
Jika kalian hendak makan , maka sebutlah nama Allah ta’ala (dengan ucapan bismillah), dan jika lupa menyebut nama Allah ta’ala pada awal waktu makan, maka ucapkanlah Bismillahi awaluhu wa akhiruhu (HR Tirmidzi no 1858, Tirmidzi berkata: hadits hasan shahih)

2.      Makan dan Minum dengan Tangan Kanan
Rasulullah shalallahu alaihi wa salam bersabda:
إذا أكل أحدكم فليأكل بيمينه و إذا شرب فليشرب بيمينه فإن الشيطان يأكل بشماله و يشرب بشماله
Jika kalian hendak makan, maka makanlah dengan tangan kanan, jika hendak minum, minumlah dengan tangan kanan,. Karena sesungguhnya syaithan memakan dengan tangan kiri, minum dengan tangan kiri (HR Abu Daud no 3776, dishahihkan oleh Syaikh Al Bany dalam Shohihul Jami’ no 383)

3.      Tidak Makan dalam keadaan Tidur
Sahabat Abu Zuhaifah Radhiallahu anhu meriwayatkan sebuah hadits, bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wa salam pernah bersabda: Adapun aku tidaklah makan dalam keadaan tiduran (Shahih, HR Bukhari no 5398)

Untuk sementara, demikian yang dapat saya sampaikan, insya Allah dikesempatan selanjutnya akan saya sampaikan adab-adab yang lain berkaitan dengan makan dan minum dengan ijin Allah ta’ala. semoga bermanfaat bagi saya dan seluruh kaum muslimin
Alhamdulillah aladzi bi ni’matihi tatimus shalihaat
Al Hijrah, 6 Syawal 1431 H
Rahmat AP

Comments