Metode untuk Meningkatkan Produktivitas Pertanian


Bismillah 

                Alhamdulillah wa sholatu wa salam ala Rasulillah. Jika anda pebisnis yang bergerak dalam bidang produksi. Maka anda akan berusaha meningkatkan produktivitas usaha anda semaksimal mungkin. Tolak ukur penilaian produktivitas mengacu pada dua hal, kualitas dan kuantitas. Artinya, kegiatan produksi disebut sebagai aktivitas yang memiliki produktifitas baik ketika mampu menghasilkan produk dalam jumlah yang signifikan dan berkualitas. Agar diperoleh keuntungan  yang optimal.  

Beda produk tentu beda pula cara untuk meningkatkan produktivitas produksinya. Pada tulisan ini, ijinkan seorang mahasiswa teknik pertanian UGM untuk berbagi kepada anda tips dan trik untuk  mengoptimalkan produktifitas pertanian. Kenapa pertanian? Karena pertanian adalah bidang studi yang telah ditetapkan  Allah sebagai rizki untuk pemuda bernama rahmat. Maka sudah semestinya saya  untuk berkompeten  dibidang tersebut. Untuk membuktikkan sekaligus mengasah keilmuan saya dan berbagi kepada teman yang berminat.  Dengan ijin Allah  saya susun tulisan ini. Adapun sumber penulisannya berasal dari pengetahuan yang kuterima ketika kuliah dan beberapa rujukan lainnya.


Definisi Pertanian
               
                Sebelum memasuki pembahasan, ada baiknya saya jelaskan terlebih dahulu definisi pertanian. Saya anggap ini penting, mengingat seringkali teman-teman mengidentikkan pertanian dengan kegiatan cocok tanam. Entah di persawahan atau perkebunan. Padahal selama perkuliahan, yang diajarkan kepada saya. Pertanian mencakup  perkebunan, peternakan, perikanan dan cocok tanam dipersawahan.

                Jadi apa sebenarnya definisi pertanian? Pertanian adalah segala bentuk usaha agar dapat  memanen energi matahari seoptimal mungkin. Energi matahari  yang telah dikoversi oleh mekanisme alami menjadi bio massa.  Tujuan agar bio massa  dikonsumsi manusia untuk dapat bertahan hidup. Inilah kurang lebih definisi pertanian yang tepat, yang diajarkan Professor  kepada saya. Menilik definisi tersebut, dengan demikian cakupan pertanian amatlah luas.  Meliputi pertanian yang identik dengan cocok tanam, perikanan, peternakan  dan perkebunan.  Akan tetapi dalam pembahasan ini, kita akan mengambil contoh pertanian sebagai usaha budidaya tumbuhan penghasil bio massa.

Meningkatkan Produktivitas dengan Intensifikasi.

                Secara alami tumbuhan akan tumbuh dan menghasilkan bio massa. Berupa buah, biji, umbi, batang dan yang lainnya. Asalkan kebutuhan dasar tanaman tersebut terdapat dilahan tempat tumbuhnya. Akan tetapi tentu bio massa yang dihasilkan seadanya. Padahal jika dilakukan langkah-langkah tertentu, maka akan dihasilkan bio massa sampai pada taraf maksimal yang sanggup dihasilkan tumbuhan tersebut.  Langkah-langkah ini dikenal juga dengan istilah intensifikasi pertanian.

Intensifikasi Pertanian

                Bagi anda yang tidak menekuni dunia pertanian atau bukan seorang mahasiswa pertanian. Mungkin terakhir kali anda mendengar istilah intensifikasi pertanian saat anda duduk dibangku SMP atau SMA. Untuk menyegarkan kembali pemahaman kita tentang Intensifikasi pertanian, berikut ini definisinya. Agricultural intensification is a set of patterns of land-use change with the common feature of increased use of the same resources for agricultural production, usually as a result of a switch from intermittent to continous cultivation of the same are of land.  Intensifikasi pertanian bias juga dimaknai dengan penggunaan teknologi pertanian dengan segala jenisnya  untuk memaksimalkan perolehan bio massa.

Jenis-Jenis Intensfikasi Pertanian

                Intensifikasi pertanian terdiri dari berbagai metode. Pada umumnya metode tersebut melibatkan teknologi  yang tidak dipakai pada pertanian tradisional. Secara garis besar dapat di break-down dalam 5 metode yang sering disebut panca usaha tani. 1. Meliputi  teknik pengolahan lahan pertanian,  pengaturan irigasi, pemupukan, pemberantasan hama, penggunaan bibit unggul.

Bersambung insya Allah. Jika kawan-kawan memiliki pertanyaan terkait pembahasan yang saya sampaikan disini, monggo bisa kita diskusikan bersama
               


Comments

Alat Antrian said…
Wah min bagus sekali postingannya.. Bermanfaat sekali....
terus tambah postingannya ya min hehehehe....
Good Job min......

jangan lupa juga kunjungi halaman ini
http://mesinantrianmakingsolution.blogspot.co.id/2016/05/mesin-antrian-bersolusi.html
http://alatskpberkualitas.blogspot.co.id/2016/05/alat-survey-kepuasan-pelanggan.html