Kedudukan Sholat dalam Islam


Bismillah
Sholat dalam islam memiliki kedudukan yang agung, para ulama telah menjelaskan dalam kitab-kitab mereka mengenai kedudukan sholat dalam agama. Berikut kami sarikan dalam beberapa poin(6):

 1.        Sholat adalah kewajiban yang paling wajib dan paling utama setelah ucapan 2 kalimat syahadat, dan merupakan salah satu rukun islam.

Rasulullah shalallahu alaihi wa salam bersabda: ’Islam itu dibangun di atas lima perkara, yaitu: Bersaksi tiada sesembahan yang haq kecuali Alloh dan sesungguhnya Muhammad adalah utusan Alloh, menegakkan sholat, mengeluarkan zakat, mengerjakan haji ke Baitulloh, dan berpuasa pada bulan Romadhon.”(HR Muslim no 16), Syaikh Abdul Muhsin Al Abbad Hafidzhahullahu mengatakan bahwa: islam dibangun diatas rukun-rukun tersebut, dan islam tidaklah tegak kecuali dengan tegaknya rukun-rukun tersebut (7)

 2.      Sholat merupakan pembeda antara muslim dan kafir.

Rasulullah shalallahu alaihi wa salam bersabda: sesungguhnya batasan antara seseorang dengan kekafiran dan kesyirikan adalah sholat, maka barangsiapa yang meninggalkan sholat dia telah kafir (HR Muslim no 978). Salah seorang tabi’in bernama Abdullah bin Syuqoiq Rahimahullahu berkata: dahulu Sahabat-sahabat Nabi Shalallahu alaihi wa salam tidaklah melihat sesuatu dari amalan-amalan ibadah, jika amalan tersebut ditinggalkan maka akan terjatuh dalam kekafiran kecuali sholat 

3.      Sholat adalah tiang agama, dan tidak tegak agama seseorang kecuali dengan menegakkan sholat. 

Rasulullah shalallahu alaiahi wa salam bersabda: Pokok segala urusan adalah islam, dan tiangnya adalah sholat...(HR Tirmidzi no 2616 dan Ibnu Majah 3973)

 4.      Amalan yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat

Rasulullah shalallahu alaihi wa salam bersabda: sesuatu yang pertama kali akan dihisab dari seorang hambadi hari kiamat adalah sholat, jika amalan sholatnya baik maka dia selamat dan beruntung, dan jika amalan sholatnya buruk maka sungguh dia celaka dan merugi (HR Tirmidzi 2/252)

 5.      Sholat Merupakan ibadah yang paling Utama dan Agung dalam Islam (8)

 6.      Sholat merupakan Penjaga Darah dan Harta Seseorang

Rasulullah shalallahu alaihi wa salam bersabda: ”Aku diperintahkan untuk memerangi manusia sampai mereka mau mengucapkan laa ilaaha illalloh (Tiada sesembahan yang haq kecuali Alloh), menegakkan sholat, dan membayar zakat. Apabila mereka telah melakukan semua itu, berarti mereka telah memelihara harta dan jiwanya dariku kecuali ada alasan yang hak menurut Islam (bagiku untuk memerangi mereka) dan kelak perhitungannya terserah kepada Alloh subhanahu wata’ala.” (HR. Bukhori dan Muslim)

6.      Disarikan dari Shahih Fiqih Sunnah, hal 1/220-221
7.      Fathul Qawiyyul Matin, hal 29, Syaikh Abdul Muhsin Al Abbad Hafidzhahullahu, cet ke 1, Dar Ibnu Affan KSA, 1424H
8.      Taisirul Karimir Rahman fi Tafsir Kalamil Mannan, hal 636, Syaikh Abdurrahman bin Nashir As Sa’dy Rahimahullahu, Cet ke 1. Darul Ibnu Haitsam. 1420 H


Comments

Unknown said…
salam. blh kah tuan bg info utk sy dapat beli kitab Fathul Qawiyyul Matin? emailkn kpd sy nnt.tq
Unknown said…
alquranmotivasiku@gmail.com