Jahannam Bagi Mereka yang Sombong Terhadap Nasehat

Kepada mereka yang apabila dinasehati berkata:

—————————————————————————————————————
"Gak usah ngelarang gue ngerokok, toh belinya pakai uang sendiri, kalo sakit, gue juga yang ngerasain dan ngerugiin kamu!"

"Suka-suka gue, mau sholat mau kagak bukan urusan loe, urus diri masing-masing aja deh!"

"Ngapain loe ikut campur urusan busana gue, mau jilbaban mau kagak gak usah rewel deh, toh kalau masuk neraka gue sendiri gak ajak-ajak loe!"

"Berisik loe men, diam aja napa gak usah ganggu dan nasehatin gue yang lagi main musik, udah loe pergi aja sana gue gak butuh omongan loe!"

"Loe kayak udah paling bener sendiri aja sok nasehatin orang lain, ngaca dulu sana baru ngelarang gue pacaran, sok alim loe!"
—————————————————————————————————————
Allah ta’ala berfirman:

Dan apabila dikatakan kepadanya: “Bertakwalah kepada Allah”, bangkitlah kesombongannya yang menyebabkannya berbuat dosa. Maka cukuplah (balasannya) neraka Jahannam. Dan sungguh neraka Jahannam itu tempat tinggal yang seburuk-buruknya”

(Al Baqarah:206)

Kenapa orang-orang yang seperti itu kelak akan ditempatkan di neraka yang paling mengerikan yakni neraka jahannam?

Syaikh Abdurrahman bin Nashir As Sa’dy rahimahullah bertutur

Karena mereka menggabungkan dua dosa secara bersamaan. Dosa mengerjakan maksiat dan dosa akibat sombong terhadap nasehat.

Itulah balasan bagi orang yang membenci nasehat dan sombong terhadapnya.

Semoga Allah melindungi kita dari keburukan ini

Comments