[Bubur Bordo, Fungisida Istimewa yang Ditemukan Secara Tidak Sengaja]

Bismillah

Bubur Bordo atau Bordeaux mixture adalah fungisida yang umum dipakai oleh petani buah-buahan untuk mencegah penyebaran penyakit yang disebabkan oleh jamur.
Anti jamur yang ditemukan pada abad 19 ini disebut istimewa karena mudah dibuat bahkan oleh awam sekalipun. Yang dibutuhkan hanya cairan senyawa Cupri Sulfat dan air kapur. Kedua bahan ini mudah dibeli di pasaran dan harganya pun murah. Selain mudah dibuat, penggunaannya pun relatif tidak sesulit fungisida yang lain.
Selain soal kemudahan pembuatan dan penggunaan, proses penemuan fungisida ramah lingkungan ini juga lain dari yang lain. Bukan melalui penelitian bertahun-tahun layaknya fungisida abad 20-21, akan tetapi melalui sebuah ketidaksengajaan yang dilakukan petani anggur di wilayah Bordeaux Prancis.
Pada masa itu, buah anggur yang muncul pada bagian tanaman yang tumbuh hingga keluar batas pagar kebun menjadi sasaran pencurian. Pejalan kaki atau penunggang kuda yang melewati jalan disekitar kebun seringkali memetik buah anggur tersebut.
Untuk mencegah kerugian akibat aksi kriminal ini, petani berusaha membuat kenampakan buah anggur menjadi buruk rupa. Dengan harapan orang yang akan memetik tanpa hak menggugurkan niatnya karena merasa jijik dengan penampilan buah anggur.
Guna memperburuk penampakan anggur, petani menyemprotkan beragam macam cairan pengotor pada buah anggur yang tumbuh diluar batas kebun. Salah satu suspensi yang digunakan adalah campuran Cupri Sulfat dan air kapur.
Tidak disangka tidak diduga, ketika terjadi ledakan penyakit downy mildew yang merusak daun anggur dan menghancurkan kualitas anggur, pohon yang semprot dengan Bordeaux mixture tidak terserang jamur Plasmopara viticola penyebab penyakit tersebut.
Petani anggur Bordeaux pun geger. Ternyata selain berfungsi sebagai pengotor, bubur bordo juga bermanfaat mencegah penyebaran penyakit downy mildew. Maka sejak saat itu, bubur bordo digunakan secara luas sebagai fungisida oleh petani.
Dan Bordeaux pun digunakan sebagai nama fungisida istimewa ini. Tempat dimana anti jamur ini pertama kali digunakan sebagai pengotor bukan sebagai pembunuh jamur.
---------------------------------------------------------------------------------
Oh ya buat teman-teman yang mau tahu cara pembuatan fungisida murah meriah dan cukup efektif ini, monggo tuliskan komentarnya.
Insya Allah fungisida ini bisa digunakan pada tanaman-tanaman buah yang anda tanam dirumah

Comments

endra chadel said…
Gmn Cara pembuatanx gan
Unknown said…
Untuk mengatasi tanaman buah naga yg kena penyakit bisa ga?