[Kita yang Menanam Mereka yang Memanen, Sebuah Ironi dalam Industri Kopi]

Peta ini berisi gambaran penyebaran penyakit Karat Kopi (coffe rust). Penyebabnya adalah jamur Hemileia vastatrix. Dalam peta tergambar bahwa penyakit ini hanya tersebar di belahan bumi bagian selatan. Itu artinya kopi tidak bisa dibudidayakan di negara-negara maju.
Namun demikian, negara-negara yang ada di belahan bumi bagian utara menghasilkan uang lebih banyak dari industri yang berkaitan dengan kopi dibanding negara penghasil biji kopi. Kenapa? apalagi kalau bukan karena nilai tambah. Dengan kata lain, negara maju adalah pebisnis kopi sedangkan negara dunia ketiga hanyalah petani. Kita yang keluarkan lebih banyak keringat, sedangkan manfaat (baca: uang) terbanyak mereka yang dapatkan. 
Kasus serupa terjadi pada komoditas coklat. Dimana negara berkembang berperan sebagai penghasil bahan baku. Sedangkan pemilik olahan coklat terbaik sekaligus termahal adalah negara-negara eropa barat. Sebut saja Belgia
Oh iya sebagai tambahan informasi, Hemileia vastatrix, Colletotrichum coffeanum dan Fusarium xylarioides adalah 3 jamur yang menjadi musuh utama Kopi. C. coffeanum adalah penyebab penyakit Antraknos Kopi (coffe berry disease) yang membuat biji kopi tidak layak diolah akibat pembusukan. Sedangkan F. xylarioides adalah biang kerok penyakit Layu Kopi (coffe wilt disease) yang membinasakan kopi dari daun hingga akar.
Nah kalau di Indonesia, H. vastatrix menjadi penyebab utama menurunnya nilai ekspor kopi

Comments