[Perbandingan Antara Biaya Belajar Bahasa Arab di Jogja dan Bahasa Inggris di Pare]

Tahukah anda, biaya kursus bahasa Arab di Ma'had 'Umar bin Khattab Yogyakarta, lembaga kursus bahasa Arab tertua yang diperuntukkan untuk mahasiswa UGM dan sekitarnya, lebih murah di banding dengan biaya belajar bahasa Inggris di Pare, yang dikenal sebagai kampung Inggris, pusat jasa kursus berkualitas dengan harga yang murah.  Tidak percaya? Yuk simak hitung-hitungan berikut ini.

Di Pare, Kediri, biaya program pendidikan termurah adalah Rp.40.000 untuk 10 kali pertemuan, dengan durasi belajar efektif 30 menit, selebihnya digunakan untuk mencatat apa yang ditulis tutor di papan tulis. Di lembaga yang lebih berkualitas, rata-rata Rp. 100,000 - Rp. 200.000 untuk durasi belajar efektif selama 60 menit, dengan jumlah pertemuan yang sama.

Jika dibagi per pertemuan, maka siswa harus membayar Rp. 4.000 - Rp. 20.000. Bandingkan dengan biaya belajar di Ma'had Umar. Satu semester terdiri dari 50 kali pertemuan, dengan durasi belajar efektif 60 menit. Untuk semuanya, siswa diwajibkan membayar Rp. 300.000 atau Rp. 6.000 per pertemuan.

Dari hasil perhitungan di atas, biaya belajar di Ma'had 'Umar bin Khattab Yogyakarta lebih murah dari ongkos kursus bahasa Inggris di Pare, bahkan jika dibandingkan dengan yang termurah, yaitu Rp. 4.000 per 30 menit atau Rp. 8.000 untuk satu jam.

Mungkin ada pembaca yang bertanya soal kualitas. Jangan-jangan Ma'had Umar bin Khottob memiliki kualitas yang lebih rendah dari lembaga kursus di Pare, bahkan jika dibandingkan dengan yang menarik biaya les terendah. Keraguan ini bisa dibantah dengan melihat reputasi alumni Ma'had Umar. Sebut saja nama ustadz Muhammad Abduh Tuasikal, ustadz Amrullah Akadhinta, ustadz Nur Fitri Hadi, ustadz Yulian Purnama, ustadz Muflih Safitra, . Mereka adalah diantara contoh lulusan Ma'had Umar, yang peran dan kiprahnya tidak asing dalam dunia dakwah.

Jadi, buat kamu yang sedang kuliah di Jogja, jangan sia-siakan kesempatan belajar bahasa Arab di sana. Terlebih, dalam banyak hal, keahlian berbahasa Arab lebih mampu membuat hidupmu berbahagia di dunia, apalagi di akhirat. Tentunya jika ilmu tersebut digunakan sebagai alat untuk mempelajari Islam lalu mengamalkannya

Info tentang Ma'had Umar bisa dilihati di sini https://www.facebook.com/MUBKJogja

----------------------

Comments