Jalinan Bernama Agroindustri




Semalam seorang kawan dari prodi peternakan menyambangi kontrakan.  Bersamanya sekumpulan data mentah hasil penelitian pengaruh asap cair dan lama penyimpanan terhadap kualitas fisik daging kambing segar.

Usai data diolah hingga siap disajikan,  kami mendiskusikan narasi untuk membahas hasil kajian. Sangat menarik.  Pada apa yang beliau teliti,  terdapat irisan ilmu Agroteknologi dan Teknologi Hasil Tani.  Dua kerabat terdekat prodi peternakan di Fakultas Agroindustri. Sains yang dikaji di ketiga jurusan saling terkait sehingga musykil jika salah satunya absen dalam uraian pembahasan.  Beginilah memang hubungan saintifik ketiga prodi.  Erat terjalin bermuara di simpul yang berpilin

Sebagai bukti yang pertegas saksi bahwa kita disatukan karena punya banyak kesamaan diantaranya adalah asap cair itu sendiri. Selain mereka yang kuliah di Animal Husbandry, kami,  anak-anak Agroteknologi, memakainya sebagai pestisida nabati. Teman THP secara mendalam memahaminya sebagai zat anti kontaminasi bakteri dan fungi pada pangan yang dikonsumsi

Meski demikian,  masih jarang teman-teman di kampus yang mau peduli pada apa yang dipelajari oleh saudara-saudari beda prodi. Imbasnya nyata. Minim karya hasil gotong royong Peternakan,  THP dan Agroteknologi yang muncul memuka.  Lebih sering sibuk sendiri hingga tidak sempat tengok kanan-kiri.  Akhirnya FAi jauh dari atmosfer kolaborasi.  Sekedar nama tanpa realisasi cita-cita dibalik pembingkaian tiga prodi dalam satu figura Agroindustri.

Kiranya cukup deskripsi. Mari mulai aksi dan sudahi ego yang selama ini menutup mata dan menyelimuti hati. Kurangi sikap kompetisi tak bervisi yang hanya mau unggul sendiri.

Perjuangan ini tak seperti lomba lari yang hanya punya satu orang berdiri di podium tertinggi. Jadikan kebersamaan ini  serupa bermain bola, dimana seluruh pemain juara mendapat medali yang sama. Tidak peduli dia penjaga gawang,  gelandang atau pencetak gol kemenangan.

Saatnya perbanyak kolaborasi karena rumah Agroindustri akan tegak berdiri jika para penghuni saling berkontribusi dan berbagi membakti antar saudara satu institusi.

Comments