Ulang Tahun KPO Ke-2 dan Refleksiku



Aku masih ingat karena apa KPO berdiri kala itu. Awalnya komunitas ini hadir lantaran keresahan lima mahasiswa akan realita yang ada. Miris rasanya melihat jurusan pertanian tidak memiliki fasilitas pembelajaran menjadi seorang petani senyatanya.

Membaca buku, menghadiri perkuliahan, dan praktikum tidaklah cukup untuk merasakan atmosfer dunia pertanian yang sebenarnya. Pengalaman itu perlu. Maka dari sanalah KPO hadir. Menyatukan dan mengembangkan kapasitas serta, yang terpenting, membantu kami mengecap bagaimana rasanya jadi petani

Hanya di KPO kami bisa membuang ego masing-masing dan dapat bekerja sama untuk dapat mengolah lahan, menanam, merawat,  memanen, sampai bahkan menjualnya. Tidak hanya itu, kami juga berinovasi serta tak lupa berbagi hasil yang kita dapatkan. Seluruhnya dilakukan tanpa keterpaksaan.

Di usianya yang Ke-2, KPO kini semakin berkembang, anggotanya bukan sekadar mahasiswa jurusan pertanian. Ini bukti bahwa semangat menanam bisa ditularkan kepada berbagai golongan.

Meski aku sudah tidak lagi ada di sana, tetapi percayalah aku masih bagian dari komunitas tercinta. Karena di manapun aku berada, aku masih merawat aneka rupa tanaman. Seperti kegiatan kawan-kawan yang berputar di pusaran tanam, rawat, panen, dan jual.

Tetaplah tumbuh dan berkembang KPO seumpama tanaman yang kita rawat dengan cinta di hari ini dan yang akan datang. Selamat ulang tahun KPO-ku tersayang.

Penulis: Nuari TS
Editor: Rahmat

Comments