The Introduction


Terimakasih atas kesempatan yang diberikan bapak-ibu. Nama saya Rahmat Ariza Putra asal dari Yogyakarta. Saya TFO/PPL swadaya yang ditugaskan Yayasan @binatanisejahtera dalam proyek @vegimpactnl selama 9 bulan di Kapuas Hulu untuk menjadi teman bagi petani. Karena yang mempekerjakan saya adalah lembaga non profit, maka silaturahmi ini tidak mengandung tujuan komersil.

Layaknya teman, saya diamanahi untuk bisa berkawan dan berinteraksi dengan baik dengan petani. Sebagai mitra, jika bapak dan ibu bersedia, kita akan membuat aneka kegiatan di mana di dalamnya akan terjadi proses tukar pikiran. Saya akan belajar banyak dari pengalaman bapak-ibu sebagai petani, dan sekiranya diijinkan, saya juga akan bercerita tentang sedikit apa yang saya tahu.

Kita akan sama-sama mengkaji dan mencari metode budidaya terbaik yang cocok diterapkan di sini. Harapannya, aktivitas kolaboratif ini dapat meningkatkan  pengetahuan dan pengalaman kita bersama di bidang pertanian.

Dalam pelaksanaannya, saya menawarkan program diskusi dua arah, di mana nanti bapak-ibu akan bercerita soal pengalaman bercocok tanam. Selanjutnya, saya juga akan memaparkan sedikit informasi. Di akhir, kita akan telaah bersama mana yang akan diterapkan di lapangan dengan memperhatikan aspek manfaat, lokalitas dan kelestarian.

Topik yang dibahas meliputi pemilihan tanaman, persemaian, nutrisi tanaman dan pemupukan, pengendalian hama terpadu dan keselamatan kerja petani. Bilamana bapak-ibu menginginkan pembahasan hal lain, bisa kita koordinasikan lebih lanjut.

Di sela-sela kegiatan belajar teori, andai bapak-ibu ingin juga praktik menanam, maka saya tawarkan program demplot kolaboratif. Sinergi yang dimaksud adalah menghimpun sumber daya yang dimiliki petani dan juga yang berasal dari Yayasan untuk mewujudkannya. Selain itu, lahan tersebut  bersifat terbuka. Siapa saja, saya mohon, diperbolehkan datang lalu belajar. Baik itu anggota kelompok atau bukan.

Demikian perkenalan dan penjelasan dari saya. Terimakasih sekali lagi atas peluang ini. Saya senang bisa bertemu bapak dan ibu sekalian. Mudah-mudahan kita bisa menjalin hubungan dan persaudaraan yang baik

Comments